Rabu, 31 Juli 2013

Modifikasi Yamaha Vega

vega modifikasi, vega balap, vega drag, vega bore up

Barsaxx News - Modifikasi yang kita bahas kali ini berasal dari kota Jogjakarta, dengan Yamaha Vega tahun 1997. Drag bike saat ini tidak bisa dipungkiri menjadi salah satu ajang adu teknologi. Tentunya, bagi tim-tim yang bermain disana. Teknologi yang saat ini coba diterapkan di pacuan drag bike salah satunya, yaitu alat yang biasa disebut dengan quick shifter. Yaitu, sebuah alat yang membantu untuk tidak menurunkan rpm mesin ketika oper gigi.

Tim yang mencoba mengaplikasi alat ini salah satunya adalah Bofas Tahir Exhaust Ong’s. Alat canggih ini, diterapkan di Yamaha Vega andalannya yang bermain di kelas Bebek 4-Tak Tune up 130 cc.

Sebagai bukti keberhasilan aplikasi quick shifter pada pacuan, bisa dilihat pada event drag bike malam hari yang digelar di sirkuit Tawang Mas, Semarang, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

Waktu tempuhnya di lintasan 201 meter tercatat 8,098 detik dengan joki Jhon Pells. Waktu tempuh yang dicatatkan oleh Jhon Pells terhitung rekor baru. Karena selama ini, di kelas Bebek Tune up 130 cc belum ada yang mampu tembus di angka tersebut.

“Quick shifter sudah biasa dipakai di mobil atau di balap motor yang lain. Tapi, kalau di dragbike jarang yang pakai peranti ini,” beber Mosik Prionggo sang mekanik yang memasang alat ini.

Pada intinya, alat ini berfungsi untuk mempercepat proses perpindahan gigi. Perpindahan gigi yang halus tanpa menurunkan putaran mesin akan membuat motor balap tetap terjaga kecepatannya.

Bagaimana cara kerja dari alat ini, sehingga mampu menjadi tercepat di kelas Bebek Tune up 130 cc? Berikut penjelasan dari pemilik bengkel balap Omah Mburi Ong’s Racing Jogjakarta.

Dengan aplikasi quick shifter ini diyakini mampu memangkas waktu tempuh sampai 0,2 detik. “Tapi, semua itu tergantung dari improvisasi sang joki. Jika dia mampu adaptasi dan improvisasi, maka waktu tempuhnya bisa dipangkas lagi,” beber sang mekanik.

Sensor yang ada di tuas persneling berfungsi untuk mengirimkan sinyal ke modul. Selanjutnya, sinyal tersebut diolah untuk mematikan pengapian sesaat sehingga proses perpindahan gigi bisa berlangsung dengan lembut tanpa terjadi miss gear.

Bukan hanya quick shifter yang dibenamkan di motor bebek ini. Tetapi, ada komponen elektronik lain yang tidak kalah canggihnya. Motor ini juga dilengkapi monitor dan data logger yang berfungsi untuk memantau dan menyimpan kronologis mesin.

karburator keihin di vega, monitor data logger buat balap, knalpot racing vega, sensor pada tuas persneleng

“Sehingga dengan adanya peranti ini, kita sebagai mekanik akan lebih mudah memantau dan melakukan perbaikan. Karena semua data dapat dimunculkan sebagai koreksi dari kekurangan,” tutup mekanik ramah itu.

Referensi: otomotifnet.com

Benar-benar ubahan modif yang mantaff!! Jika anda punya pengalaman lain mengenai Modifikasi Yamaha Vega atau mengenai quick shifter, silahkan sampaikan di kolom komentar!


Jangan lupa, Like Barsaxx News di facebook untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini!


Senin, 29 Juli 2013

Cara Membedakan Oli Asli dan Palsu

oli federal, cara membedakan oli asli dan palsu
Barsaxx Community - Sekarang ini lagi banyak beredaran oli aspal (asli tapi palsu) yang mewabah di sekitar Indonesia. maka dari itu kita sebagai konsumen mesti waspada, supaya tidak jadi salah satu korbannya. Sebenarnya ada cara - cara untuk membedakan oli yang asli dan oli yang palsu.

Seperti yang diutarakan Handaru P Utomo, Marketing Support Officer PT Federal Karyatama, produsen Federal Oil dalam Community Gathering Federal Oil beberapa waktu yang lalu. Beberapa cara tersebut antara lain:

  • Bedakan dari kemasannya.
    Botolnya bisa sangat mirip karena botol asli sering kali dikumpulkan oleh pemalsu untuk digunakan kembali. Tapi print label pada oli palsu umumnya terlihat kurang nyata. Labelnya hasil scan, lalu dicetak ulang, jadi lebih burem. Sering ditemukan seperti ini pada oli palsu.
  • Perhatikan tutup botolnya.
    Pemalsu sering memanfaatkan tutup botol bekas. Saat membuka botol bukan di sobek tapi dicongkel agar tidak rusak dan bisa dipakai lagi. Tapi perhatikan pada Federal Oil yang asli ada kode huruf dan angka yang harus sama antara botol dan tutupnya.
    Ketika membuka tutup botolnya pun, Federal Oil asli sangat rapih karena dibuat dengan teknologi canggih dan sekali dibuka akan langsung rusak. Bagian atas produk dilengkapi dengan aluminium foil, lengkap dengan logo Federal Oil. Kemasan botol Federal Oil memang tidak didesain transparan, namun masih bisa diterawang.
  • Perhatikan bau dan warnanya.
    Coba dituang, oli yang asli bening dan tidak bau. Kalau oli yang palsu buram dan baunya enggak enak, agak sangit.

Referensi: otomotifnet.com

Itulah ulasan mengenai Cara Membedakan Oli Asli dan Palsu, Semoga bermanfaat buat kita semua!


Paket Minyak Cinta 468x60

Masukan alamat email anda untuk mendapatkan update terbaru dari Barsaxx News :

Setelah klik "Subscribe", cek email anda lalu ikuti link untuk verifikasi

Delivered by FeedBurner


Jangan lupa, Like Barsaxx News di facebook untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini!


Sabtu, 27 Juli 2013

Modifikasi Yamaha Jupiter Z

Jupiter z modifikasi, jupiter z drag, jupiter z road race, jupiter z bore up

Modifikasi kali ini yaitu berasal dari kota Tangerang dengan Yamaha Jupiter Z tahun 2005. Unik memang yang dilakukan tim Ultraspeed Kawahara Protec, saat turun drag bike di sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, akhir bulan lalu. Uniknya apa sih? Tim ini ikutan kompetisi drag bike dengan spek motor road race. Namun, di kelas Bebek 4-tak Tune up 130 cc, Yamaha Jupiter-Z ini menyabet podium pertama.

“Basic motor balap kan sama saja. Bedanya kalau drag enggak utamakan endurance dan road race harus perhatikan ketahanan,” bilang Nicko Suardi, mekanik yang kebagian seting. Nah, berbekal filosofi tersebut, Nicko terapkan di motor yang kala itu dibesut Musa Ucrit.

Spek besutan road race, didapat Nicko lewat aplikasi piston 55,25 mm dan stroke 54 mm yang pinggirnya dibikin mendem 0,5 mm. Kombinasi ini menghasilkan rasio kompresi 13,2 : 1. Dengan kapasitas silinder jadi 129,39 cc atau dibulatkan jadi 130 cc sesuai regulasi.

noken as jupiter, head jupiter, seher jupiter, karburator mikuni

Untuk mendorong klep in 28 dan ex 23 aplikasi kem dengan durasi extra tinggi. In dan ex dibuat sama, 282 derajat. Hal ini bikin klep in membuka 35 derajat sebelum TMA (Titik Mati Atas) dan menutup 67 setelah TMB (Titik Mati Bawah). Sedangkan katup buang membuka 64 derajat sebelum TMB dan menutup 36 derajat setelah TMA.

“Agar enteng, per klep pakai yang tidak terlalu keras menggunakan part yang masih dalam tahap riset,” cetus Nicko panggilan akrabnya.

dollar gratis dari useclix

Kuncian spek road race bisa ngacir di trek lurus, terdapat dimaping pengapian yang dibikin Nicko. “Api dibikin meletik 38,5 derajat sebelum TMA. Caranya tinggal maping di CDI Kawahara yang sudah programable,” terangnya. Ini bedanya spek road race dan drag bikes.

Untuk berlari 201 meter, dicangkok rasio gigi 1 14/34, 2 18/30, 3 21/28 dan 4 23/26 mata. Final gear 13/33. Saat dynotest power terbaca 24 dk dan torsi 18 Nm. Peak power ada digasingan 12.180 rpm. Untuk mulus saat pindah gigi, Mycron diseting menyala di gasingan 13.000 rpm, limiter dibikin di 14.500 rpm.

Saat dibesut Musa Ucrit di Sentul dengan jarak 201 meter tembus 8,41 detik. “Saat start, engine harus dalam kondisi pas. Suhu optimal engine 80 derajat untuk siap diajak race,” bilang Nicko dari Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo No. 42 Ciledug, Tangerang.

Referensi: otomotifnet.com

Masukan alamat email anda untuk mendapatkan update terbaru dari Barsaxx News :

Setelah klik "Subscribe", cek email anda lalu ikuti link untuk verifikasi

Delivered by FeedBurner


Jangan lupa, Like Barsaxx News di facebook untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini!