Barsaxx News : Sejak Kecil Marc Marquez Mengidolakan Valentino Rossi
Pembalap MotoGP tim Repsol Honda, Marc Marquez, ternyata mengidolakan Valentino Rossi saat masih kecil. Marquez mengagumi Rossi saat masih anak-anak, faktor itulah yang membuatnya menjadi pembalap MotoGP. Kekaguman Marc Marquez terhadap Valentino Rossi membuatnya menjadi pembalap MotoGP dan menjadi juara balap motor bergengsi itu dua kali. Di MotoGP 2015 kali ini rasa kagumnya terhadap Rossi tidak hilang.
Marc Marquez sangat menyukai gaya balap Valentino Rossi. Gaya balap Rossi memang mirip pembalap berjuluk Baby Alien itu. Marquez senang bisa bersaing dengan Rossi di MotoGP 2015.
Valentino Rossi saat ini berada di puncak klasemen sementara pembalap MotoGP 2015 dengan mengoleksi 179 poin. Ia unggul 65 poin atas Marc Marquez yang duduk di peringkat keempat dengan raihan 114 poin.
MotoGP 2015 saat ini memasuki masa jeda. Balapan seri kesepuluh akan digelar di Sirkuit Indianapolis, Amerika Serikat, 9 Agustus mendatang.
Sumber: solopos.com
Jangan lupa, Like Barsaxx News di facebook untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini!
Barsaxx News : Rekondisi Honda Vario Techno 125 PGM-FI Tahun Ketiga
Tak terasa Honda Vario Techno 125 PGM-FI sudah berumur tiga tahun sejak diluncurkan perdana Maret 2012 lalu. Pastinya sudah mulai banyak peranti yang aus yang bikin performa menurun. Pemakaian normal, biasanya sudah menempuh jarak rata-rata 30.000 km. Wajib dilakukan servis besar dan penggantian komponen slow moving. Kalau umurnya sudah tiga tahun, dipastikan ring piston sudah aus, sehingga kompresi menurun. Hal ini yang bikin tenaga ngedrop dan konsumsi BBM lebih boros.
Selain part tersebut, apa saja yang wajib dicek dan diganti? Berikut beberapa diantaranya :
Air radiator
Anjuran pabrik, air radiator diganti setiap menempuh jarak 10.000 km. Berhubung jarak tempuhnya sudah 30.000 km, berarti air radiator masuk penggantian ketiga. Indikasi water coolant sudah jelek yaitu agak lengket, timbul bau menyengat dan warna yang awalnya hijau berubah agak gelap.
Servis CVT
Servis CVT dilakukan setiap menempuh jarak 3.000 km dan kelipatannya. Lalu penggantian V-belt dan roller setiap 8.000 km. Sedangkan penggantian kampas ganda setiap 16.000 km. Berarti ketiga peranti ini juga saatnya ganti baru biar tarikan bawah tetap responsif.
Filter udara
Filter udara matik sayap mengepak ini menggunakan tipe basah yang tidak bisa dibersihkan. Penggantiannya setiap menempuh jarak 8.000 km. Jadi pada jarak tempuh 30.000 km ini, mesti sekaligus diganti biar suplai udara ke ruang bakar tetap optimal. Kalau belum lama ganti, tapi biar tetap bersih, debu dan kotoran di bagian pinggirnya dibersihkan pakai kuas juga bisa.
Servis besar
Servis besar dilakukan setiap menempuh jarak 30.000 km (3 tahun). Pengerjaannya meliputi bongkar blok mesin, cylinder head, skir klep, cek kondisi piston dan ring piston, cek busi serta bersihin injektor. Ganti oli mesin dan oli gardan juga sekaligus dilakukan pada pengerjaan ini.
Kampas rem
Usia motor 1 tahun atau sudah menempuh jarak 10.000 km, biasanya sudah ganti kampas rem depan dan belakang. Nah, di usianya yang ketiga tahun ini, penggantian yang ketiga kalinya. Tentunya agar pengereman lebih optimal karena menyangkut keselamatan.
Daftar belanja tahun ke-3
Oli mesin Rp 46 ribu
Oli gardan Rp 20 ribu
Filter udara Rp 60 ribu
Kampas rem dpn Rp 58 ribu
Kampas rem blkg Rp 60 ribu
Busi Rp 25 ribu
Air radiator Rp 26 ribu
V-belt + roller Rp 193 ribu
Piston kit Rp 135 ribu
Kampas ganda Rp 425 ribu
Sil klep @Rp 15 ribu x 2 Rp 30 ribu
Paking blok Rp 35 ribu
Karet cylinder head Rp 75 ribu
Jasa servis besar Rp 85 ribu
Jasa servis CVT Rp 35 ribu
Pengerjaan 1 hari
Total biaya Rp 1,308 juta
Sumber: motor.otomotifnet.com
Jangan lupa, Like Barsaxx News di facebook untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini!
Marc Marquez memiliki nama lengkap Marc Marquez Alenta. Dia dilahirkan di Spanyol pada 17 Februari 1993, Ia merupakan pebalap muda berbakat yang mengawali debut pertamanya di kelas 125cc pada tahun 2008. diumurnya yang baru 15 tahun 127 hari, Marc sudah berhasil meraih podium pertamanya di sirkuit Donington Park, Inggris, sekaligus mencatatkan namanya sebagai pebalap paling muda asal Spanyol yang sukses naik podium, mengalahkan rekor pendahulunya, Dani Pedrosa.
Di usia 16 tahun Marquez bergabung bersama pabrikan KTM sekaligus menjadi rider termuda spanyol yang sukses meraih pole posisi di Grand Prix Prancis tahun 2009. Di tahun 2010 Marquez mendapatkan kemenangan pertamanya di sirkuit Mugello, Italia, namun ditahun yang sama ia mengalami kecelakaan parah yang mengakibatkan cedera bahu ketika ia sudah berhasil meraih pole posisi di GP Spanyol, sehingga ia tidak bisa mengikuti race.
Marc marquez juga berhasil mencatatkan namanya sebagai rider temuda yang berhasil memenangkan empat kali balapan secara beruntun, bermula pada tanggal 6 Juni 2010 di GP Italia, di GP Inggris 2010, GP Belanda 2010 dan GP Catalan 2010. Marquez meraih kemenangan kelimanya di GP Jerman 2010 sekaligus menjadi kemenanngan terbesarnya yang ke-100 pada ajang kejuaraan balap MotoGP. Marquez menjadi rider pertama yang sukses memenangkan lima balapan beruntun setelah Valentino Rossi di era 1997.
Tahun 2011 Marc Marquez naik ke kelas Moto2 sebagai pebalap tunggal dari tim Monlau Competicion, yang dikelola oleh manager pribadinya Emilio Alzamora. Namun Marquez masih belum bisa meraih gelar juara dunianya di kelas Moto2, karena mengalami masalah dengan penglihatannya, akibat kecelakaan waktu latihan di seri sebelumnya, di Sepang, Malaysia, yang mengakibatkan Marc marquez tidak bisa ikut serta didua seri balapan terakhirnya sehingga dirinya kehilangan poin, dan harus merelakan gelar juara dunia Moto2 jatuh ketangan Bradl.
Musim 2012 Marquez masih bertahan dikelas Moto2 sebagai pembalap unggulan yang difaforitkan juara dunia, dan itu terbukti, Marquez berhasil menjuarai kelas Moto2 sebagai juara dunia setelah sukses mendominasi hampir di setiap seri balapannya, dan ia berharap bisa naik kelas ke kelas MotoGP.
Peluang Marquez pun terbuka setelah Casey Stoner memutuskan untuk pensiun dini dari ajang balap MotoGP di akhir musim 2012 lalu. Marc Marquez resmi bergabung dengan tim Repsol Honda untuk musim 2013-2014 dan akan di duetkan dengan rekan rekan senegaranya di tim Repsol Honda, dani Pedrosa. Tahun 2013, adalah tahun pertamanya Marc Marquez tampil di kelas MotoGP sebagi seorang rookie yang kurang difaforitkan, masalahnya kehadiran marquez kalah tenar dengan kembali Valentino Rossi bergabung bersama Yamaha, setelah dua musim membela Ducati Rossi tidak kunjung menuai hasil positif.
Di tahun 2013 Rossi menjadi pembalap unggulan yang difaforitkan bisa membawa Yamaha menjuarai MotoGP musim 2013, mengingat performa Rossi bersama Yamaha dulu sangat konsisten, namun apa yang terjadi, Marc Marquez sebagai seorang rookie mampu tampil konsisiten dimusim pertamanya tampil dikelas MotoGP, ia mampu bersaing dengan para seniornya di MotoGP, seperti Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa, sedangkan performa Valentino Rossi masih belum maksimal, dikarenakan Rossi masih membutuhkan penyesuaian (adaptasi) dengan motornya, sehingga Rossi belum mampu bersaing dengan ketiga kompetitornya itu.
Marc Marquez berhasil mendominasi dari kedua seniornya itu, sekaligus membawanya meraih gelar juara dunia dimusim pertamanya tampil di kelas MotoGP 2013, dan dinobatkan sebagai sebagai juara dunia MotoGP termuda sepanjang sejarah MotoGP berlangsung, serta berhasil memecahkan rekor sebagai pebalap rookie tersukses dikelas para raja tersebut.
Profil dan Biodata Marc Marquez :
Nama Panggilan : Marc Marquez
Nama Lengkap : Marc Marquez Alenta
Tempat Tanggal lahir : Cervera, Lleida, Spanyol 17 Februari 1993
Zodiac : Aquarius
Kewarganegaraan : Spanyol
Orang Tua : Roser and Julia
Saudara : Alex Marquez (Adik Kandung)
Profesi : Pembalap
Prestasi : Juara Dunia motogp kelas 125cc (2010), Juara Dunia Kelas Moto2 (2012), Juara Dunia Motogp (2013) Motogp (2014)
Tim saat ini : Repsol Honda
Karir
2008 : World Championship debut 13th 125cc World Championship
2009 : 8th 125cc World Championship
2010 : Juara 1 125cc World Champion
2011 : 2nd Moto2 World Championship
2012 : Juara 1 Moto2 World Champion
2013 : Juara 1 MotoGP
2014 : Juara 1 MotoGP
Inilah beberapa rekor yang berhasil ditorehkan Marc marquez :
Pembalap termuda yang berhasil naik podium di MotoGP
Pembalap termuda yang berhasil memenangi balap MotoGP
Rider termuda yang sukses menjuarai balapan di 3 kelas berbeda
Berhasil Naik podium di 2 balapan awalnya di MotoGP
Meraih podium pertama secara back-to-back
Pembalap termuda peraih tiga kali podium beruntun
Meraih 4 podium berurutan di 4 seri awal MotoGP
Pembalap termuda yang berhasil pimpin klasemen
Rookie pertama peraih gelar juara dunia MotoGP
Pembalap termuda peraih gelar juara dunia MotoGP
Sumber Referensi:
wikipedia
szaktudas.com
Jangan lupa, Like Barsaxx News di facebook untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini!
Jangan cuma mau enaknya aja, naik motor matic memang tinggal gas motor langsung jalan. Tapi perangkat transmisi CVT yang memudahkan juga tetap wajib dirawat secara berkala. Debu, oli atau bahkan air bisa menyelinap masuk ke area transmisi yang efeknya bikin selip atau parahnya bisa bikin umur komponen lebih pendek.
Komponen CVT seperti v-belt, roller hingga rumah kopling, pelumasnya harus dicek tiap 3.000 km karena rentan kotoran. Selain dibersihkan, komponen yang bergerak seperti kopling khususnya secondary sliding sheave wajib dilumasi. Begitu juga dengan rumah roller atau primary sliding sheave.
Harga grease atau gemuk khusus CVT yang dipasarkan Yamaha juga enggak mahal cuma Rp 14 ribuan. Gemuk CVT ini memiliki spesifikasi khusus sehingga lebih tahan panas dan tidak mudah lepas terkena gaya sentrifugal saat komponen CVT bekerja.
Sedang untuk pengecekan komponen, dimulai dari sabuk transmisi yang harus dicek tiap 3.000 km. Yamaha menganjurkan penggantian sabuk ini di 25.000 ribu km tergantung kondisi. Jika sering membawa beban berat atau cara berkendara kasar tentunya waktu penggantian bisa lebih cepat. Untuk melihat masih layak atau tidak, bisa dilakukan dengan melihat permukaannya, jika getas sebaiknya langsung ganti. Atau jika lebarnya sudah tidak sesuai standar, juga sebaiknya ganti. Sebagai contoh pada Mio J, lebar belt 18,5 mm jika sudah kurang dari 17,2 mm wajib ganti.
Roller juga dicek secara berkala, komponen pemberat yang selalu bergesekan ini harus diganti jika bentuknya tak lagi bulat atau sudah oval. Jika masih bulat tapi diameter luarnya tak lagi sesuai standar minimum, misalnya pada Mio J yaitu kurang dari 14,5 mm juga harus ganti.
Di bengkel resmi Yamaha, v-belt dijual kisaran harga paling mahal Rp 166 ribu untuk NMAX hingga Rp 77 ribuan untuk skutik entry level seperti Mio, Mio J, Soul GT hingga X-Ride. Sedang roller dijual Rp 41 ribu-Rp 79 ribu tergantung model.
Sumber: motor.otomotifnet.com
Jangan lupa, Like Barsaxx News di facebook untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini!
Barsaxx News : Paruh Musim Kedua Segera Dimulai, Rossi Mesti Waspadai Kebangkitan Marquez
Jelang di gulirkanya kembali balapan paruh musim kedua balap MotoGP 2015 yang akan di awali di sirkuit Indianapolis pada 9 agustus 2015 pendatang. Nampak Valentino Rossi yang saat ini masih memimpin perolehan poin mulai mewaspadai kebangkitan mantan juara MotoGP tahun lalu, Marc Marquez. Bahkan Rossi berpendapat meski kini dirinya telah unggul 65 poin dari rider berjuluk Baby Alien, akan jadi kesalahan fatal jika lantas mencoret Marquez dari calon juara MotoGP 2015 tahun ini. Rossi nampaknya tidak ingin membuat kesalahan bodoh dengan berpikir bahwa Marquez tidak bisa memenangkan kejuaraan.
Saat ini Rossi memang masih memimpin klasemen MotoGP 2015 dengan raihan 179 poin dan Marguez ada di peringkat 4 dengan raihan 114 poin, dan tertinggal 65 poin. Namun jika melihat kebangkitan rider Repsol Honda di beberapa seri terakhir wajar jika Rossi mulai was was. Apalagi di balapan Jerman, Marquez telah kembali dalam bentuk permainan terbaiknya dan keluar sebagai pemenang.
Sekarang Marquez tertinggal cukup jauh di belakang, tapi dia akan sangat kuat. Ada tiga trek di mana Marquez sangat kuat setelah istirahat yaitu Indianapolis, Brno dan Silverstone.
Rivalitas Rossi dengan Marquez memuncak saat seri balapan di Assn beberapa waktu lalu. Di mana kedua pembalap sempat terlibat insiden senggolan motor yang membuat Rossi keluar jalur dan memotong race untuk menuju garis finish lebih cepat. Rossi menang, namun Marquez tidak terima.
Sumber: indobolanews.com
Jangan lupa, Like Barsaxx News di facebook untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini!
Barsaxx News : Honda Tes Motor Baru di Post Test MotoGP 2015 Misano, Italia
Honda memanfaatkan post test Motogp di Sirkuit Misano, Italia, selama tiga hari, Rabu-Jumat (15-17/7), untuk menjajal prototype motor RC213V 2016. Motor baru yang akan digunakan dua pembalap Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa, di musim depan ini dinilai masih memiliki banyak kekurangan.
Dani Pedrosa mengungkapkan bahwa Honda butuh lebih banyak tes untuk menguji seberapa tangguh kekuatan kuda besi terbaru mereka. Selain itu, sasis pada motor baru masih butuh banyak perbaikan. Namun demikian, ia optimistis Honda bisa memperbaiki banyak kelemahan itu lantaran memiliki waktu yang panjang untuk melakukan berbagai modifikasi.
“Soal sasis sudah cukup baik. Masih ada banyak hal yang perlu diubah. Namun, kami sudah bisa mengumpulkan data yang diperlukan para mekanik. Mereka bisa menggunakan itu untuk perbaikan dan tampil lebih baik pada tes berikutnya,” kata Pedrosa, dilansir Speed Week, Minggu (19/7/2015). Motor yang digunakan Pedrosa dan Marquez tersebut memang menggunakan sasis baru. Akan tetapi, mereka memakai mesin spesifikasi 2015. Kemungkinan besar sasis ini bisa mereka jajal untuk mengaspal di akhir musim 2015.
Sementara itu, Marc Marquez cukup senang dengan set up motor RC213V 2016. Juara dunia 2014 itu mengaku lebih nyaman berada di atas kendaraan baru tersebut. Namun demikian, ia sepakat dengan Pedrosa soal uji coba lain demi mendapatkan performa motor yang terbaik. “Saya mencoba prototype 2016 dan hasilnya lumayan. Tapi, kami harus melakukan tes lebih banyak lagi. Tes kali ini sebagai awal untuk mendapatkan data bagi para mekanik,” papar Marquez.
Setelah tes ini Honda akan kembali berkonsentrasi jelang pelaksanaan kejuaraan Motogp paruh kedua yang diawali dari GP Indianapolis, di Indianapolis Motor Speedway, Amerika Serikat, 9 Agustus mendatang. Sesi kedua ini menjadi kesempatan besar terutama untuk Marquez mengejar ketertinggalan dari Yamaha.
Kemenangan yang ia dapat di GP Jerman, Sirkuit Sachsenring, Minggu (12/7/2015) lalu, menambah kepercayaan diri pembalap muda berusia 22 tahun itu. Podium utama untuk kali kedua bagi Marc di musim ini membuktikan peluangnya untuk merebut gelar juara dunia tiga kali beruntun belum tertutup.
Akan tetapi, Marquez mesti tampik sekonsisten mungkin dalam sembilan seri ke depan. Saat ini pembalap asal Spanyol itu masih terjebak di peringkat keempat klasemen sementara dengan selisih 64 poin dari sang pemuncak, Valentino Rossi.
Sumber: solopos.com
Jangan lupa, Like Barsaxx News di facebook untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini!
Barsaxx News : Yamaha Targetkan Inden NMAX Selesai Di Bulan Juli 2015
Besarnya peminat Yamaha NMAX membuat motor ini memiliki daftar inden yang cukup panjang bahkan hingga 3 bulan. Inden tersebut terjadi untuk NMAX ABS. Kurang lebih ada sekitar 1.000 unit Yamaha NMAX di daftar inden, untuk mengatasi hal tersebut Yamaha terus meningkatkan kapasitas produksi. Lesunya penjualan motor di Indonesia ternyata membawa dampak positif untuk peningkatan produksi NMAX.
“Yamaha tidak melakukan pengurangan pekerja akibat kondisi pasar motor yang sedang turun. Untuk mensiasatinya hari Sabtu dan Minggu kegiatan produksi motor diliburkan,” ujar Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Masih kata pria yang akrab disapa pak Masykur ini. “Sekarang hari Sabtu dan Minggu produksi dilakukan kembali khusus untuk membuat NMAX dan targetnya bulan Juli ini urusan inden sudah selesai,” jelasnya. Berarti bulan depan dan seterusnya udah gak inden lagi nih!
Yamaha NMAX ini juga diekspor ke beberapa negara di Eropa, seperti Inggris misalnya. Hanya saja untuk pasar ekspor NMAX ini memiliki mesin 125 cc berbeda dengan indonesia yang 155 cc. Kegiatan ekspor NMAX sudah dilakukan sejak 2 bulan lalu dengan total 4.880 unit.
Saat ini Yamaha NMAX memiliki dua tipe, yaitu NMAX dengan rem ABS yang dibanderol Rp 27.900.000 dan NMAX non ABS seharga Rp 23.500.000 OTR Jakarta.
Sumber: motor.otomotifnet.com
Jangan lupa, Like Barsaxx News di facebook untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini!
Barsaxx News : Hasil Race MotoGP Sachsenring Jerman 2015
Hasil Race MotoGP Sachsenring Jerman 2015 tadi malam akhirnya berhasil dikuasai oleh Marc Marquez. Sementara itu Valentino Rossi harus puas finish di posisi ke 3 di belakang Dani Pedrosa. Hasil ini tentu masih menempatkan Rossi di puncak klasemen MotoGP 2015 namun selisih poin dengan Marquez kian terkikis meskipun Marquez tetap masih berada di posisi ke 4.
Berikut ini hasil lengkap MotoGP Sachsenring Jerman 2015 :
Marc Marquez, ESP Repsol Honda Team (RC213V), 41m 1.087s
Dani Pedrosa, ESP Repsol Honda Team (RC213V), 41m 3.313s
Valentino Rossi, ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1), 41m 6.695s
Barsaxx News : Yamaha MT-03 Versi 300cc dari MT-25
Yamaha YZF-R25 di pasar Eropa dijual dengan nama YZF-R3 yang mengusung mesin 300 cc, hal yang sama juga akan diterapkan pada versi naked bike-nya MT-25. Di Eropa akan dipasarkan dengan nama MT-03 dan mesin yang lebih besar. Namanya unik dan bikin bingung karena Yamaha juga pernah merilis motor dengan nama MT-03 tapi memiliki mesin 660 cc dan dipasarkan sekitar dalam rentang tahun 2006 sampai 2013.
Desainnya sama persis dengan MT-25 yang tampak membedakan ada pada kedua rodanya. Di disc brake-nya terdapat speed sensor yang berarti sudah dijejali dengan fitur antilock brake system (ABS). Fitur ini sesuai dengan rancangan aturan di Eropa, motor sport bermesin lebih dari 125cc mulai 2016 wajib mengusung piranti safety ini.
Sedang untuk mesinnya, jika memang sama persis dengan R3 maka akan menggunakan diameter piston 68 mm dan stroke 44,1 mm dikali dua silinder. Tenaga mesin yang berhasil ditorehkan yaitu 44,1 dk di 10.750 rpm.
Sayangnya belum ada kepastian kapan motor ini akan dipasarkan di Eropa dan banyak negara lain di dunia.
Referensi: http://www.motor.otomotifnet.com
Jangan lupa, Like Barsaxx News di facebook untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini!