14.07
0
vega modifikasi, vega balap, vega drag, vega bore up

Barsaxx News - Modifikasi yang kita bahas kali ini berasal dari kota Jogjakarta, dengan Yamaha Vega tahun 1997. Drag bike saat ini tidak bisa dipungkiri menjadi salah satu ajang adu teknologi. Tentunya, bagi tim-tim yang bermain disana. Teknologi yang saat ini coba diterapkan di pacuan drag bike salah satunya, yaitu alat yang biasa disebut dengan quick shifter. Yaitu, sebuah alat yang membantu untuk tidak menurunkan rpm mesin ketika oper gigi.

Tim yang mencoba mengaplikasi alat ini salah satunya adalah Bofas Tahir Exhaust Ong’s. Alat canggih ini, diterapkan di Yamaha Vega andalannya yang bermain di kelas Bebek 4-Tak Tune up 130 cc.

Sebagai bukti keberhasilan aplikasi quick shifter pada pacuan, bisa dilihat pada event drag bike malam hari yang digelar di sirkuit Tawang Mas, Semarang, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

Waktu tempuhnya di lintasan 201 meter tercatat 8,098 detik dengan joki Jhon Pells. Waktu tempuh yang dicatatkan oleh Jhon Pells terhitung rekor baru. Karena selama ini, di kelas Bebek Tune up 130 cc belum ada yang mampu tembus di angka tersebut.

“Quick shifter sudah biasa dipakai di mobil atau di balap motor yang lain. Tapi, kalau di dragbike jarang yang pakai peranti ini,” beber Mosik Prionggo sang mekanik yang memasang alat ini.

Pada intinya, alat ini berfungsi untuk mempercepat proses perpindahan gigi. Perpindahan gigi yang halus tanpa menurunkan putaran mesin akan membuat motor balap tetap terjaga kecepatannya.

Bagaimana cara kerja dari alat ini, sehingga mampu menjadi tercepat di kelas Bebek Tune up 130 cc? Berikut penjelasan dari pemilik bengkel balap Omah Mburi Ong’s Racing Jogjakarta.

Dengan aplikasi quick shifter ini diyakini mampu memangkas waktu tempuh sampai 0,2 detik. “Tapi, semua itu tergantung dari improvisasi sang joki. Jika dia mampu adaptasi dan improvisasi, maka waktu tempuhnya bisa dipangkas lagi,” beber sang mekanik.

Sensor yang ada di tuas persneling berfungsi untuk mengirimkan sinyal ke modul. Selanjutnya, sinyal tersebut diolah untuk mematikan pengapian sesaat sehingga proses perpindahan gigi bisa berlangsung dengan lembut tanpa terjadi miss gear.

Bukan hanya quick shifter yang dibenamkan di motor bebek ini. Tetapi, ada komponen elektronik lain yang tidak kalah canggihnya. Motor ini juga dilengkapi monitor dan data logger yang berfungsi untuk memantau dan menyimpan kronologis mesin.

karburator keihin di vega, monitor data logger buat balap, knalpot racing vega, sensor pada tuas persneleng

“Sehingga dengan adanya peranti ini, kita sebagai mekanik akan lebih mudah memantau dan melakukan perbaikan. Karena semua data dapat dimunculkan sebagai koreksi dari kekurangan,” tutup mekanik ramah itu.

Referensi: otomotifnet.com

Benar-benar ubahan modif yang mantaff!! Jika anda punya pengalaman lain mengenai Modifikasi Yamaha Vega atau mengenai quick shifter, silahkan sampaikan di kolom komentar!


Jangan lupa, Like Barsaxx News di facebook untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini!

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar dan Masukan anda sangat kami hargai...

Mohon jangan sertakan link iklan dalam komentar anda! karena akan langsung terdeteksi spam...

Labels

 
Copyright © Barsaxx Speed Concept All Right Reserved
Blogger Designed by Sunardi | Barsaxx News