08.53
0
Barsaxx News : Heboh ditemukan Batu Giok Zaman Purba di Sadang
bongkahan batu giok

Satu per satu jenis batu akik mulai ditemukan di Desa Karangsambung, Kecamatan Sadang, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Kali ini, penambang batu akik digegerkan dengan ditemukannya batu yang diyakini berasal dari zaman purba. Batu yang ditemukan di kawasan cagar alam geologi itu, adalah jenis batu jadeite atau akrab dikenal dengan sebutan batu giok.

Rudi, seorang penambang yang menemukan batu itu mengatakan, batu jenis giok yang ditemukan para penambang adalah jenis batu langka dan sangat melegenda di wilayah tersebut. Sebab, menurut Rudi, batu giok itu terakhir kali ditemukan di wilayah itu pada zaman sebelum penjajah Belanda masuk ke Indonesia. Dahulu batu giok di daerah Sadang sudah banyak ditemukan dan dibawa ke negeri China, giok asal Sadang disebut Giok Jawa. Batu giok dari wilayah ini memiliki ciri khas tersendiri, karena memiliki warna hijau terang dan memiliki serat batu giok yang sangat halus dibandingkan giok dari wilayah lain.

Seorang penambang lainnya bernama Adep Suryana menuturkan, kualitas batu giok di Sadang sudah diakui para pencinta batu. Konon batu giok Sadang memiliki kualitas kedua terbaik di dunia setelah batu giok jenis imperial giok yang ditemukan di China.

Dari hasil penelitian laboratorium gemologi di Jakarta maupun Yogyakarta giok yang ditemukan di Sadang termasuk kategori jadeite jade tipe a, secara mineral kualitas giok jenis ini di atas nephrite jade namun masih di bawah imperial jade. karena memiliki kualitas yang baik, batu giok asal Sadang kini menjadi buruan para pencinta batu dari Negeri Panda.

Batu giok asal Sadang memliki tingkat kekerasan mencapai 6,5 sampai 7 skala mohs. Adep mengaku, harga batu giok Sadang masih cukup terjangkau. Untuk batu giok jadeite kelas a dijual dengan harga Rp1,5 juta per kilogram.

Referensi: viva.co.id

Masukan alamat email anda untuk mendapatkan update terbaru dari Barsaxx News :

Setelah klik "Subscribe", cek email anda lalu ikuti link untuk verifikasi

Delivered by FeedBurner


Jangan lupa, Like Barsaxx News di facebook untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini!

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar dan Masukan anda sangat kami hargai...

Mohon jangan sertakan link iklan dalam komentar anda! karena akan langsung terdeteksi spam...

Labels

 
Copyright © Barsaxx Speed Concept All Right Reserved
Blogger Designed by Sunardi | Barsaxx News