08.50
0
Barsaxx News : Panduan Servis Honda Supra X125 PGM-FI

Bebek legendaris dari Honda ini sudah menguasai pasar motor bebek sejak tahun 1997, berbagai perubahan mesin serta tampilan sudah dilakukan selama 18 tahun ini. Masyarakat Indonesia pun sudah meyakini ketangguhan dan keiritan motor ini, jadi tidak heran jika selalu melihat bebek ini seliweran di jalan. Namun, agar performa dan keiritan tetap terjaga, jangan lupa selalu melakukan servis berkala setiap kelipatan 4.000 km. Perawatan servis berkala meliputi penggantian oli, oli yang disarankan untuk motor ini adalah yang mempunyai viskositas SAE 10W-30.

Panduan Servis Honda Supra X125 PGM-FI

Kemudian mengecek dan membersihkan busi. Busi dijaga kerenggangannya dengan jarak yang sudah ditentukan yaitu 0,8-0,9 mm, jika melewati batas kerengganannya maka perlu disetel ulang. Selain jarak renggang pada busi, kerenggangan pada klep juga harus dicek dan diperiksa saat servis berkala. Tujuannya agar klep dapat menutup dengan rapat pada waktu yang tepat, sehingga pembakaran dapat terjadi dengan baik.

Pemeriksaan selanjutnya yang tidak kalah penting adalah pemeriksaan pada sistem pengereman, terutama kampas rem. Jangan sampai membiarkan kampas rem yang habis, karena piringan cakram akan tergerus, terlebih berbahaya bagi keselamatan pengendara.

dollar gratis dari useclix

Selanjutnya mengenai filter udara. Karena sudah menggunakan filter udara jenis kertas basah jadi gak perlu dibersihkan, apalagi disemprot menggunakan angin dari kompresor. Karena nanti kandungan oli pada filternya malah hilang dan tidak bisa menyerap kotoran dengan baik. Jadi sebaiknya langsung diganti pada kelipatan 16.000 km atau bisa lebih cepat tergantung medan yang dilewati.

Sudah jelas tertera di tangki bensin bahwa motor ini dianjurkan untuk menggunakan bensin tanpa timbal atau minimal RON 92, namun tidak jarang masih ada konsumen yang memakai bensin jenis Premium. Dalam jangka waktu panjang pemakaian bensin tersebut akan mengakibatkan penumpukan kotoran pada fuel pump, kalau sudah menumpuk pasti akan menyumbat aliran bensin menuju injektor, akibatnya adalah motor mengalami gejala brebet dan susah hidup. Kalau sudah gini harus melakukan kuras tangki untuk membersihkannya.

Selain itu juga disarankan untuk melakukan servis pembersihan injektor setiap kelipatan 12.000 km, Untuk mengoptimalkan pengabutan pada ruang bakar, maka servis pembersihan injektor ini harus dilakukan, metodenya dengan cara diinfus menggunakan tabung khusus yang diisi dengan obat pembersih injektor, selanjutnya ditekan dengan udara dari kompresor sambil motor dihidupkan dan hanya memakan waktu kurang lebih 5-10 menit saja.

Poin yang harus diperiksa :

  • Periksa saluran bahan bakar
  • Periksa cara kerja gas tangan
  • Bersihkan pernapasan bak mesin
  • Periksa busi
  • Periksa jarak renggang klep
  • Ganti oli mesin
  • Bersihkan saringan kasa oli mesin
  • Bersihkan saringan centrifungal oli mesin
  • Periksa putaran stasioner mesin
  • Periksa & lumasi rantai roda
  • Periksa minyak rem
  • Periksa keausan kampas rem
  • Periksa sistem rem
  • Periksa switch lampu rem
  • Periksa arah sinar lampu depan
  • Periksa sistem kopling
  • Periksa standar samping
  • Periksa suspensi
  • Periksa roda/ban
  • Periksa bantalan kepala kemudi

Sumber Referensi: otomotifnet.com

Masukan alamat email anda untuk mendapatkan update terbaru dari Barsaxx News :

Setelah klik "Subscribe", cek email anda lalu ikuti link untuk verifikasi

Delivered by FeedBurner


Jangan lupa, Like Barsaxx News di facebook untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini!

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar dan Masukan anda sangat kami hargai...

Mohon jangan sertakan link iklan dalam komentar anda! karena akan langsung terdeteksi spam...

Labels

 
Copyright © Barsaxx Speed Concept All Right Reserved
Blogger Designed by Sunardi | Barsaxx News