09.36
0
Barsaxx News : Rekondisi CVT Suzuki Hayate

Salah satu motor skutik penerus Suzuki Skywave ini mempunyai basic mesin yang tidak terlalu jauh beda. Dengan mengusung dual suspensi di belakang, membuat Suzuki Hayate tetap stabil saat membawa beban berat, ataupun melewati jalan rusak dan bergelombang. Belum lagi ketangguhan mesinnya yang terbilang awet dan bandel. Meski begitu, tetap butuh perawatan berkala terutama di bagian transmisi sebagai penerus daya dari mesin ke roda belakang. Terutama jika motor sudah berusia lebih dari 4 tahun.

Rekondisi CVT Suzuki Hayate

Servis berkala pada bagian CVT ada baiknya dilakukan setiap kelipatan 7.500 km, selain membersihkan bagian CVT juga tidak lupa diberi grease agar as pada pulley tidak termakan karena grease yang sudah mengering.

Lalu bagian apa saja yang perlu kita periksa, berikut beberapa diantaranya :

dollar gratis dari useclix
  • Kampas ganda & mangkok

    Kampas ganda atau yang biasa disebut kampas kopling bersentuhan langsung dengan mangkok kopling, yang kemudian menggerakan roda belakang. Usia untuk kedua parts ini mencapai 25.000 km, tapi bisa lebih cepat bila sering melewati jalan menanjak atau membawa beban yang berat setiap harinya. Bila kampas ganda habis maka akan timbul suara berdecit pada bagian CVT, kemudian tarikan awal pada motor menjadi kasar atau gredek, jika masih dibiarkan juga maka mangkok kopling akan ikut tergerus. Jadi lebih baik segera pahami gejala-gejala kerusakan pada bagian CVT ini agar tidak merembet ke bagian yang lainnya.

  • Pulley rumah roller & roller

    Usia pakai komponen ini mencapai 30.000 km untuk pulley rumah roller dan 10.000 km buat roller, namun tergantung juga dengan perawatan serta pemakaiannya, jika jarang melakukan servis berkala pada bagian CVT, maka yang biasa tergerus adalah pada bagian jalur naik turun roller, yang diakibatkan karena debu yang menempuk pada bagian tersebut, lama-kelamaan mulai menggerus jalur roller.

    Roller pun akan ikut termakan dan bentuknya jadi peyang alias tidak bulat lagi, Biasanya terjadi saat motor dipakai akan ada suara yang timbul dari bagian CVT seperti klotok-klotok.

Daftar Kisaran Harga Komponen Rekondisi CVT Suzuki Hayate
Kampas ganda Rp 298.500
Mangkok ganda Rp 117.400
V-belt Rp 125.900
Pulley rumah roller Rp 109.900
Roller Rp 96.000
Jasa servis CVT Rp 35.000

Sumber Referensi: otomotifnet.com

Masukan alamat email anda untuk mendapatkan update terbaru dari Barsaxx News :

Setelah klik "Subscribe", cek email anda lalu ikuti link untuk verifikasi

Delivered by FeedBurner


Jangan lupa, Like Barsaxx News di facebook untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini!

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar dan Masukan anda sangat kami hargai...

Mohon jangan sertakan link iklan dalam komentar anda! karena akan langsung terdeteksi spam...

Labels

 
Copyright © Barsaxx Speed Concept All Right Reserved
Blogger Designed by Sunardi | Barsaxx News