Barisan skutik injeksi entry level Yamaha tercatat sudah dua kali berganti platform, setelah Mio J dengan teknologi YMJET-FI, kini lahir Yamaha Mio M3 125 berteknologi Blue Core. Di pasaran cukup diterima konsumen berkat mesin 125 cc yang bertenaga tapi harga dan konsumsi bensinnya sekelas skutik 110 cc. Setelah beli dan memperoleh banyak kesenangan bersama Mio M3, jangan lupa untuk lakukan service berkala!
Urusan penggantian oli, Yamalube ada tiga pilihan yaitu Matic Oil, Power Matic dan Super Matic dengan viskositas dan base oil berbeda. Sedang yang direkomendasikan untuk Mio M3 adalah Power Matic, speknya 10W-40 dengan API service SL terbuat dari semi synthetic oil. Kalau mau spek lebih tinggi bisa comot Super Matic, viskositasnya sama tapi sudah full synthetic.
Pembersihan dan setel celah busi dengan jarak 0,6-0,7 mm juga wajib dilakukan tiap 3.000 km dan ganti setiap 6.000 km menggunakan busi dengan kode NGKCR6HSA. Celah klep juga dicek, jaraknya, in 0,10 mm dan ex disetel 0,25 mm.
Mio M3 juga menggunakan jenis filter udara kertas beroli, jadi tidak perlu dibersihkan tapi langsung ganti tiap 15.000 km. disarankan untuk cek setiap 10.000 km walaupun umur filternya 15.000 km. Kondisinya sangat dipengaruhi lingkungan, kalau sering lewat daerah berdebu, lebih cepat kotor.
injektor juga perlu dibersihkan setiap 10.000 km. Ada 2 cara, yang pertama dengan injector tester dan yang kedua dengan infus menggunakan cairan khusus. Banyak yang memilih untuk memakai infus karena lebih cepat sekaligus dapat membersihkan kerak kotoran di ruang bakar.
Setelah semua dicek, giliran sistem injeksi yang dicek pakai diagnostic tool Yamaha. Kabel dari ECU dicolok ke laptop untuk membaca fungsi semua sensor. Jika ada kerusakan injeksi langsung terpantau. Juga bisa untuk mengatur CO dan langsam. Untuk skutik idle diset pada 1.400-1.500 rpm.
PAKET CVT LEBIH MURAH
CVT tak perlu diperiksa saat servis berkala, hanya membersihkan saringan elemen udara. Namun, saat odometer menyentuh 7.000 km saatnya untuk memeriksa kondisi V-belt dan berlanjut kelipatan 3.000 km berikutnya karena umur sabuk ini hanya 25.000 km. Jika getas atau terlihat kerusakan lain sebaiknya langsung ganti. Saat harus ganti, sebenarnya lebih murah jika beli paket. Di bengkel resmi Yamaha disediakan paket CVT hemat, isinya CVT, roller dan gemuk CVT, totalnya hanya Rp 125 ribu. Kalau beli eceran totalnya Rp 141 ribu. Bukan cuma buat Mio M3, semua skutik Yamaha ada paket ini.
LIST PEMERIKSAAN SERVICE BERKALA :
- Pemeriksaan suspensi depan & belakang
- Cek fungsi kelistrikan & lampu
- Periksa rem depan & belakang
- Setel handle gas
- Periksa roda & pelek
- Periksa kelayakan ban
- Periksa semua baut pengikat
- Periksa busi & kompresi
- Cek gerak bebas kemudi
- Periksa tegangan & charge battery
- Periksa & ganti oli mesin
- Periksa tekanan ban
- Periksa aliran oli & stel klep
- Periksa & setel putaran mesin
- Bersihkan saringan CVT
- Periksa oli gearbox
- Periksa sistem injeksi & cetak hasilnya
- Periksa indicator warning light
Perkiraan Daftar Harga
- Servis ringan Rp 32.000
- Servis besar Rp 90.000
- Pembersihan CVT Rp 30.000
- Pembersihan Injektor Rp 50.000
- Kampas rem depan Rp 55.000
- Kampas rem belakang Rp 47.000
- Filter udara Rp 41.000
- Busi Rp 13.500
- Yamalube Matic Oil 0.8 L Rp 33.000
- Yamalube Power Matic 0,8 L Rp 37.000
- Yamalube Super Matic 1 L Rp 57.000
- Gear Oil Rp 10.500
- V-belt Rp 77.000
- Roller Rp 9.000 / pcs
Sumber: otomotifnet.com
kami meru padakan sebagian kecil dari mekanik yang terjun kedua maya hanya untuk mempermudah konsumen memilih sesuatu yang dia inginkan kunjungi kami disini disini
BalasHapusSaya baru ambil mio m3 125 baru 4bln, ko knapa kalo tiap pagi pas mau ngegas slalu bergetar kencang sampe spedometer bergetar kencang dan berisik..selain itu piringan rem kampas dpan ud aus..padahal baru brapa bulan..sampe2 sbulan 2x sya hrus ganti kampas rem ban dpan..gtu aja sih
BalasHapusKira2 CVT nya musti di bersihkan
Hapus