09.01
0
Barsaxx News : Aplikasi Pengapian Total Loss di Suzuki Satria F150

Pernah dengar sebutan pengapian total loss (TL)? Ya! Buat yang belum tahu, bisa menyimak ulasan berikut. Pengapian tanpa magnet atau kerap disapa Total Loss itu muncul sekitar tahun 2000-an. Perlakuan ini bisa diaplikasikan ke tunggangan yang memakai sistem CDI dengan kelistrikan DC. Sehingga arusnya bisa disuplai dari aki.

Meski sepul mati, mesin tetap menyala asalkan daya setrum aki masih cukup agar CDI bisa terus bekerja. Tujuan bikin Total Loss guna mengejar putaran mesin jadi lebih ringan. Karena tidak adanya gaya tarik antara magnet dengan besi angker di gulungan sepul magnet.

Tapi, mengaplikasikan pengapian Total Loss ini gak bisa sembarang diterapkan ke motor harian, Karena lampu-lampu sudah gak bisa difungsikan lagi, dan hanya dipakai untuk balapan.

Meng­­­ap­likasikannya ada beberapa cara,

  1. Dengan melepas sepulnya saja.
  2. Bisa juga membuang lempengan besi berani di mangkuk magnet, caranya cukup dicungkil pakai pahat dan palu. Teknik itu disebut juga Total Loss meskipun masih menggunakan mangkuk standar. Kalo merasa kurang ringan, bubut mangkuk magnet tersebut.
  3. Jika masih sayang sama magnet standarnya, bisa juga memakai lempengan besi yang lebih tipis dan ringan. Atau menggantikan dengan magnet bawaan motor lain. Seperti yang dikutip dari MotorPlus berikut ini:
    • Karena sistem magnet dan sepul F150 direndam oli mesin, maka harus diberikan penyekat berbahan pelat aluminium atau disebut plendes seharga Rp 450 ribu.
      Aplikasi Pengapian Total Loss di Suzuki Satria F150
    • Agar putaran mesin ringan, mangkuk magnet bisa pakai aslinya atau standar custom dengan melepas gir strater dan magnet atau mangkuk magnet dibubut sampai beratnya sekitar 700 gram.
      Aplikasi Pengapian Total Loss di Suzuki Satria F150
    • Untuk dudukan pulser diikatkan di pelat tersebut sesuai posisi aslinya, sehingga mudah untuk mencari timing pengapian tersebut.
      Aplikasi Pengapian Total Loss di Suzuki Satria F150
    • Jalur kabel bodi dari pulser langsung ke CDI dan disalurkan ke peranti lainnya. Seperti ke koil, aki, serta kunci kontak atau on/off.
      Aplikasi Pengapian Total Loss di Suzuki Satria F150

Referensi : http://motor.otomotifnet.com

menghasilkan dollar dari zapbux

Masukan alamat email anda untuk mendapatkan update terbaru dari Barsaxx News :

Setelah klik "Subscribe", cek email anda lalu ikuti link untuk verifikasi

Delivered by FeedBurner


Jangan lupa, Like Barsaxx News di facebook untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini!

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar dan Masukan anda sangat kami hargai...

Mohon jangan sertakan link iklan dalam komentar anda! karena akan langsung terdeteksi spam...

Labels

 
Copyright © Barsaxx Speed Concept All Right Reserved
Blogger Designed by Sunardi | Barsaxx News