11.07
0
Barsaxx News : Rekondisi CVT Matic Yamaha

Jangan cuma mau enaknya aja, naik motor matic memang tinggal gas motor langsung jalan. Tapi perangkat transmisi CVT yang memudahkan juga tetap wajib dirawat secara berkala. Debu, oli atau bahkan air bisa menyelinap masuk ke area transmisi yang efeknya bikin selip atau parahnya bisa bikin umur komponen lebih pendek.

Komponen CVT seperti v-belt, roller hingga rumah kopling, pelumasnya harus dicek tiap 3.000 km karena rentan kotoran. Selain dibersihkan, komponen yang bergerak seperti kopling khususnya secondary sliding sheave wajib dilumasi. Begitu juga dengan rumah roller atau primary sliding sheave.

secondary sliding sheave cvt matic

Harga grease atau gemuk khusus CVT yang dipasarkan Yamaha juga enggak mahal cuma Rp 14 ribuan. Gemuk CVT ini memiliki spesifikasi khusus sehingga lebih tahan panas dan tidak mudah lepas terkena gaya sentrifugal saat komponen CVT bekerja.

Sedang untuk pengecekan komponen, dimulai dari sabuk transmisi yang harus dicek tiap 3.000 km. Yamaha menganjurkan penggantian sabuk ini di 25.000 ribu km tergantung kondisi. Jika sering membawa beban berat atau cara berkendara kasar tentunya waktu penggantian bisa lebih cepat. Untuk melihat masih layak atau tidak, bisa dilakukan dengan melihat permukaannya, jika getas sebaiknya langsung ganti. Atau jika lebarnya sudah tidak sesuai standar, juga sebaiknya ganti. Sebagai contoh pada Mio J, lebar belt 18,5 mm jika sudah kurang dari 17,2 mm wajib ganti.

v-belt cvt matic

Roller juga dicek secara berkala, komponen pemberat yang selalu bergesekan ini harus diganti jika bentuknya tak lagi bulat atau sudah oval. Jika masih bulat tapi diameter luarnya tak lagi sesuai standar minimum, misalnya pada Mio J yaitu kurang dari 14,5 mm juga harus ganti.

roller cvt matic

Di bengkel resmi Yamaha, v-belt dijual kisaran harga paling mahal Rp 166 ribu untuk NMAX hingga Rp 77 ribuan untuk skutik entry level seperti Mio, Mio J, Soul GT hingga X-Ride. Sedang roller dijual Rp 41 ribu-Rp 79 ribu tergantung model.

Sumber: motor.otomotifnet.com

Masukan alamat email anda untuk mendapatkan update terbaru dari Barsaxx News :

Setelah klik "Subscribe", cek email anda lalu ikuti link untuk verifikasi

Delivered by FeedBurner


Jangan lupa, Like Barsaxx News di facebook untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini!

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar dan Masukan anda sangat kami hargai...

Mohon jangan sertakan link iklan dalam komentar anda! karena akan langsung terdeteksi spam...

Labels

 
Copyright © Barsaxx Speed Concept All Right Reserved
Blogger Designed by Sunardi | Barsaxx News