10.04
0
Barsaxx News : Rekondisi Honda Vario Techno 125 PGM-FI Tahun Ketiga

Tak terasa Honda Vario Techno 125 PGM-FI sudah berumur tiga tahun sejak diluncurkan perdana Maret 2012 lalu. Pastinya sudah mulai banyak peranti yang aus yang bikin performa menurun. Pemakaian normal, biasanya sudah menempuh jarak rata-rata 30.000 km. Wajib dilakukan servis besar dan penggantian komponen slow moving. Kalau umurnya sudah tiga tahun, dipastikan ring piston sudah aus, sehingga kompresi menurun. Hal ini yang bikin tenaga ngedrop dan konsumsi BBM lebih boros.

Selain part tersebut, apa saja yang wajib dicek dan diganti? Berikut beberapa diantaranya :

  1. Air radiator

    Anjuran pabrik, air radiator diganti setiap menempuh jarak 10.000 km. Berhubung jarak tempuhnya sudah 30.000 km, berarti air radiator masuk penggantian ketiga. Indikasi water coolant sudah jelek yaitu agak lengket, timbul bau menyengat dan warna yang awalnya hijau berubah agak gelap.

  2. Servis CVT
    servis cvt Honda Vario Techno 125 PGM-FI

    Servis CVT dilakukan setiap menempuh jarak 3.000 km dan kelipatannya. Lalu penggantian V-belt dan roller setiap 8.000 km. Sedangkan penggantian kampas ganda setiap 16.000 km. Berarti ketiga peranti ini juga saatnya ganti baru biar tarikan bawah tetap responsif.

  3. Filter udara
    Filter udara Honda Vario Techno 125 PGM-FI

    Filter udara matik sayap mengepak ini menggunakan tipe basah yang tidak bisa dibersihkan. Penggantiannya setiap menempuh jarak 8.000 km. Jadi pada jarak tempuh 30.000 km ini, mesti sekaligus diganti biar suplai udara ke ruang bakar tetap optimal. Kalau belum lama ganti, tapi biar tetap bersih, debu dan kotoran di bagian pinggirnya dibersihkan pakai kuas juga bisa.

  4. Servis besar

    Servis besar dilakukan setiap menempuh jarak 30.000 km (3 tahun). Pengerjaannya meliputi bongkar blok mesin, cylinder head, skir klep, cek kondisi piston dan ring piston, cek busi serta bersihin injektor. Ganti oli mesin dan oli gardan juga sekaligus dilakukan pada pengerjaan ini.

  5. Kampas rem
    Kampas Rem Honda Vario Techno 125 PGM-FI

    Usia motor 1 tahun atau sudah menempuh jarak 10.000 km, biasanya sudah ganti kampas rem depan dan belakang. Nah, di usianya yang ketiga tahun ini, penggantian yang ketiga kalinya. Tentunya agar pengereman lebih optimal karena menyangkut keselamatan.

Daftar belanja tahun ke-3

  • Oli mesin Rp 46 ribu
  • Oli gardan Rp 20 ribu
  • Filter udara Rp 60 ribu
  • Kampas rem dpn Rp 58 ribu
  • Kampas rem blkg Rp 60 ribu
  • Busi Rp 25 ribu
  • Air radiator Rp 26 ribu
  • V-belt + roller Rp 193 ribu
  • Piston kit Rp 135 ribu
  • Kampas ganda Rp 425 ribu
  • Sil klep @Rp 15 ribu x 2 Rp 30 ribu
  • Paking blok Rp 35 ribu
  • Karet cylinder head Rp 75 ribu
  • Jasa servis besar Rp 85 ribu
  • Jasa servis CVT Rp 35 ribu
  • Pengerjaan 1 hari Total biaya Rp 1,308 juta

Sumber: motor.otomotifnet.com

Masukan alamat email anda untuk mendapatkan update terbaru dari Barsaxx News :

Setelah klik "Subscribe", cek email anda lalu ikuti link untuk verifikasi

Delivered by FeedBurner


Jangan lupa, Like Barsaxx News di facebook untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini!

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar dan Masukan anda sangat kami hargai...

Mohon jangan sertakan link iklan dalam komentar anda! karena akan langsung terdeteksi spam...

Labels

 
Copyright © Barsaxx Speed Concept All Right Reserved
Blogger Designed by Sunardi | Barsaxx News