Barsaxx News | Modifikasi Honda Blade
Modifikasi yang akan kita ulas kali ini berasal dari kota Depok, dengan Honda Blade keluaran tahun 2013. Honda Blade ini adalah milik tim AHRS yang diriset buat turun di Road Race.
Seperti yang dikutip dari MotorPlus berikut ini,
Bertahun-tahun kalau menyebut AHRS pasti nyambung-nya motor Suzuki, maklum sejak masih balap juragan Asep Hendro selalu pakai motor berlambang S itu. Namun mulai 2013, AHRS pindah ke Honda seiring meredupnya Suzuki di balap. Ganti merek ternyata butuh adaptasi lama, baik pembalap maupun mekaniknya. Riset mesin dan bodi benar-benar dari nol, pembalap pun mesti cari setingan dari awal.
Awal tahun belum menunjukkan taji, baru di Indoprix seri terakhir di Binuang dan OMR Honda Purbalingga minggu lalu kelihatan hasilnya. Malah di Purbalingga Owie Nurhuda jadi juara di 2 race kelas HRC-1 (Bebek 125 cc tune up seeded).
Apa resepnya? Dari awal cari performa dan ketahanan terbaik. Riset cylinder head terus pakai flowbench dipasang lalu di-dyno. Di awal seri rasio kompresi bisa sampai 12,9:1, sekarang demi daya tahan cukup 11,9:1. Turun di kelas 125 cc, Blade dijejali piston 54,4 mm jadi masih aman dari batas maksimal 130 cc, karena kapasitas hanya 129,16 cc.
Lift kem pun ternyata enggak seekstrem waktu pegang Suzuki, Sekarang cukup 9 mm, kalau dulu bisa 9,7 mm. Dipadu durasi kem in 274° dan ex 273°. Klep pakai Sonic yang dimodif jadi 29 dan 23 mm, berpadu per klep AHRS warna orange.
Suplai bensin pakai karburator Keihin PWK 28, di Purbalingga kemarin dengan cuaca sedang pakai pilot jet 50 dan main jet 120. Knalpot tentu saja andalkan merek AHRS tipe F4. Pengapian pakai CDI BRT i-Max 8 step dipadu koil Yamaha YZ125.
Sedikit unik saat melihat kaki-kaki, tuh peleknya ternyata sisa kejayaan Suzuki. Apalagi kalau lihat cakramnya, setia milik RGR! Ban pakai keluaran IRC slick terbaru. Sedangkan Suspensi depan pakai tabung Yamaha Jupiter dengan daleman dari Kayaba.
Data Modifikasi
Ban: Fasti 1 90/80-17
Cakram: Suzuki RGR
Klep: Honda Sonic
Per Klep: AHRS
Karburator: Keihin PWK 28
Knalpot AHRS: F4
Kopling: FCC
CDI: BRT i-MAX 8 step
Koil: Yamaha YZ125
Sumber Referensi: otomotifnet.com
0 komentar:
Posting Komentar
Komentar dan Masukan anda sangat kami hargai...
Mohon jangan sertakan link iklan dalam komentar anda! karena akan langsung terdeteksi spam...