09.06
0
Barsaxx News : Modifikasi Honda CB 150 R
Modifikasi Honda CB 150 R

Modifikasi motor kali ini yaitu mengenai Honda CB 150 R garapan Astra Motor Racing Team (ART) yang bisa mengalahkan kawasaki Ninja 250.

Modifikasi Honda CB 150 R

Seperti yang dikutip dari MotorPlus berikut ini,
"Pernah iseng lawan Ninja 250 dan menang!” bangga Thomas William Hendrata, pemilik Honda CB150R StreetFire berkelir putih ini membuka pembicaraan. Wuih mantep yak, padahal tampilannya standar, paling cuma knalpot aja tuh yang terlihat ganti.

Eits klaim itu ada benarnya, jika kita amati hasil dyno-nya. Tenaga sudah melonjak 87,5%! Dari 14,4 dk/8.798 rpm jadi 27 dk/12.038 rpm, hampir 2 kali lipat! Angka itu setara Ninja 250R dalam kondisi standar, dengan bobot lebih ringan pantaslah jika CB150R ini berjaban. Pengukuran pakai dynamometer SportDevice milik Astra Motor Racing Team (ART).

Tenaga naik sebanyak itu tentu mesin enggak lagi standar. William yang menjabat sebagai communication & mkt. manager ART, menyerahkan motor pada Ade Rahmat, chief mechanic ART. Kapasitas mesin sedikit didongkrak setelah aplikasi piston standar Honda CBR600RR, “Diameter 67 mm jenis forged, jadi lebih kuat,” terang Ade. Kapasitas naik jadi 166,3 cc. Blok sedikit dipapas biar rata dengan piston dan rasio kompresi dipatok 11,8:1.

Cylinder head di-porting, klep standar dipadu per klep aftermarket dari Thailand. Yang istimewa kemnya, “Custom dari bahan mentah,” lanjut Ade. Bahannya dari baja KNL K100, dibikin mentah lalu dibubut perlahan hingga profil mendekati standar, kemudian dibentuk sesuai kebutuhan, baru di-hardener. Profil kem custom ini berdurasi 261° untuk in dan ex 264°, detail enggak dibeberkan, katanya rahasia dapur. Lift mencapai 9,5 mm untuk in dan ex 8,4 mm. Cukup tinggi ya! Tapi yang jelas suara mesin tetap halus seperti standar.

Pasokan udara lewat throttle body yang koinnya diperbesar dari 29 mm jadi 30,5 mm. Boks filter dibuang, gantinya filter Uni. Knalpot andalkan leher custom dengan silencer LeoVince.

Untuk mengatur bensin dan pengapian, ECU pakai Vortex, seperti yang biasa dipakai ART. Limiter dipatok hingga 13.000 rpm, peak power tercapai di 12.000-an rpm, jauh di atas standar di kisaran 8.700 rpm.

piston cb00rr : Modifikasi Honda CB 150 R : noken as mentah CB 150 R
Piston pakai CBR600RR, forged berdiameter 67 mm. Gambar kiri bawah adalah bentuk noken as mentah sebelum di modifikasi. Tenaga melonjak 87,5%! Dari 14,4 dk/8.798 rpm jadi 27 dk/12.038 rpm, hampir 2 kali lipat!
ecu vortex CB 150 R, knalpot leovince CB 150 R, filter throttle body CB 150 R
Open filter melayani throttle body yang di-reamer. ECU andalkan Vortex, harganya di atas Rp 7,5 juta!

Referensi: motor.otomotifnet.com

menghasilkan dollar dari zapbux

Masukan alamat email anda untuk mendapatkan update terbaru dari Barsaxx News :

Setelah klik "Subscribe", cek email anda lalu ikuti link untuk verifikasi

Delivered by FeedBurner


Jangan lupa, Like Barsaxx News di facebook untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini!

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar dan Masukan anda sangat kami hargai...

Mohon jangan sertakan link iklan dalam komentar anda! karena akan langsung terdeteksi spam...

Labels

 
Copyright © Barsaxx Speed Concept All Right Reserved
Blogger Designed by Sunardi | Barsaxx News