Penikmat cornering sudah pasti butuh setingan sokbreker dengan rebound lebih lambat dari standar motor. Tentu hal ini supaya pengendalian motor bisa lebih mantap tanpa goyang berlebih ketika melahap tikungan.
Racikan Oli Shock Depan Khusus untuk Rebound Lambat
Sudah pasti sokbreker bawaan motor enggak terpakai, karena didesain untuk penggunaan harian dan menunjang kenyamanan. Rebound sokbreker bawaan motor standar terbilang cepat, makanya kurang stabil dipakai untuk cornering. Untuk sokbreker belakang sih, bisa ganti dengan merek aftermarket, lalu bagaimana dengan yang depan? Trik mudahnya pakai oli sok racing aja, rebound sok lebih lambat jadi cocok buat main cornering.
Salah satu bedanya dengan oli sok biasa adalah kekentalannya, ada yang sampai 15w, oli motor umumnya 10w. Semakin kental maka sirkulasi oli melewati lubang suling lebih lama, ini yang bikin rebound sok lebih lambat. Lalu lebih tahan terhadap panas, jadi kekentalan oli tetap stabil. Lalu bisakah oli ini untuk harian? Bisa, tapi tentu jadi kurang nyaman karena sokbreker akan terasa lebih keras.
Enaknya beli oli sok racing, kemasannya dalam bentuk botol dengan volume 1 liter. Jadi bisa untuk 2 sampai 3 motor. Harganya di kisaran Rp 160 ribuan dan hanya bisa didapatkan di toko khusus oli.
Referensi: motor.otomotifnet.com
Om pake oli gardan bisa kah ?
BalasHapusbisa saja..
HapusAuto neraka jahanam
BalasHapusMbah mau seting shok nggak?
BalasHapusYakali mbah dukun suka cornering juga😂😂😂