Ngomongin fungsi, cakram depan Yamaha YZF-R25 memang enggak ada kendala sedikitpun. Namun kalau menyinggung soal tampilan, lain cerita. Karena dibanding piringan rem depan Kawasaki Ninja 250FI, bentuknya lebih menarik cakram N250FI.
Tampang lebih menggoda karena pinggiran cakramnya tidak bulat polos seperti cakram R25. Dari segi estetika juga lebih dapet. Menariknya lagi, pemasangannya bisa dibilang plug and play (PnP) karena hanya butuh sedikit penyesuaian. Yang pasti dari segi fungsi juga tetap sama untuk mengurangi laju tunggangan, cuma beda estetikanya saja.
Cakram N250FI bentuknya lebih menarik karena bagian pinggirnya didesain ada semacam coakan-coakan. Beda dengan cakram YZF-R25 yang hanya tampil bulat polos. Ketebalan kedua cakram ini sama, yakni 4 mm, tapi diameter cakram YZF-R25 lebih lebar 3 mm.
Kedua cakram sama-sama diikat dengan 5 baut yang dikencangkan menggunkan kunci L-5. Posisi lubang bautnya juga sama persis, jadi keduanya bisa saling tukar.
Agar cakram N250FI bisa duduk manis pada pelek YZF-R25, sebelumnya bagian dinding luar dekat masing-masing lubang baut pengikat, dipapas kurang lebih 1 mm. Menggunakan gerinda atau mesin bubut.
Kalau sudah terpasang, akan tampil lebih menarik dibanding cakram bawaan YZF-R25. Enggak ada salahnya dicoba kok...
Sumber Referensi : http://motor.otomotifnet.com
Jelas jelas beda baut bro... ninja250 6 baut dan r25 5 baut... dan pake kunci L 6 bukan 5... asal nulis
BalasHapus