09.34
0
Barsaxx News : Proses Membuat Batu Akik Menjadi Cincin
Proses Membuat Batu Akik Menjadi Cincin

Batu akik akhir-akhir ini menjadi tren di masyarakat dan efeknya menyentuh hampir seluruh kalangan. Lalu, bagaimana proses pembentukan batu akik itu hingga layak menjadi aksesoris yang banyak dicari penggemarnya?

Didik Efendi, salah satu perajin batu akik di Kota Kediri, Jawa Timur, menuturkan, pembuatan cincin batu akik sebenarnya tidak membutuhkan waktu yang panjang. Proses dasarnya hanya meliputi beberapa langkah saja. Proses awal, kata dia, adalah pembelahan batu dari bongkahan menjadi potongan-potongan ukuran sedang untuk mempermudah pemrosesan selanjutnya. Potongan batu itu kemudian dipilih untuk mencari motif atau tekstur yang hendak ditonjolkan. Motif itu yang nantinya menjadi daya tarik batu. Jika sudah menentukan motif, potongan tersebut dipotong-potong sesuai dengan model yang diinginkan atau disesuaikan dengan emban atau cincin logam tempat batunya. Emban ini dapat dengan mudah didapat di pasaran.

Proses selanjutnya adalah penghalusan yaitu menggosok batu akik menggunakan kertas halus. Proses ini membutuhkan ketekunan tinggi karena tugasnya membuat permukaan batu menjadi mengkilap.

Dari beberapa proses itu, Didik menambahkan, proses yang paling sulit adalah pemilahan motif, karena berhubungan dengan keahlian sekaligus pandangan seni. Salah memotong batu, akan menyebabkan hancurnya motif dan yang paling buruk adalah dampak jatuhnya harga jual batu akik tersebut.

Kesulitan kedua, lanjutnya, adalah penguasaan ragam jenis bebatuan. Hal ini menjadi sulit karena batu akik memiliki bermacam jenis. Sehingga untuk mempunyai keahlian itu, harus banyak-banyak melihat ragam batu supaya mudah menghafal.

Selama ini, kata Didik Efendi, bengkel produksinya sudah biasa menerima pesanan dari para penggemar batu cincin di Kediri dan sekitarnya. Sehingga sudah terbiasa memproses bebatuan seperti batu bacan, batu fosil, obsidian, maupun jenis lainnya. Untuk harga batu hasil produksinya dibanderol mulai Rp 50.000 hingga ratusan ribu sesuai jenis batu dan model.

Sumber: http://regional.kompas.com/read/2015/03/18/1423113/Begini.Proses.Membuat.Batu.Akik.Jadi.Cincin.Batu

Masukan alamat email anda untuk mendapatkan update terbaru dari Barsaxx News :

Setelah klik "Subscribe", cek email anda lalu ikuti link untuk verifikasi

Delivered by FeedBurner


Jangan lupa, Like Barsaxx News di facebook untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini!

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar dan Masukan anda sangat kami hargai...

Mohon jangan sertakan link iklan dalam komentar anda! karena akan langsung terdeteksi spam...

Labels

 
Copyright © Barsaxx Speed Concept All Right Reserved
Blogger Designed by Sunardi | Barsaxx News