08.56
0
Barsaxx News : Hal yang Sering Terjadi pada Komstir
Hal yang Sering Terjadi pada Komstir

Pasti pernah ngerasain gejala aneh di bagian setang saat berkendara? Umumnya terjadi vibrate atau getaran sampai tangan kesemutan dan bunyi ‘bletak' sewaktu menghajar lubang atau melewati polisi tidur. Ketika dibawa ke bengkel dan dicek, kondisi sok depan, tekanan angin ban dan laher roda tidak ada masalah. Lalu dimana penyakitnya? Besar kemungkinan ada kerusakan di komstir. Setelan komstir bisa berubah karena terlalu sering menghantam lubang dengan keras.

Wah kalau begitu langsung cek deh permasalahannya. Proses pengerjaannya harus buka seluruh bodi bagian depan dan juga batok lampu. Setelah semua telanjang, baru terlihat penyakitnya. Untuk satu set komstirnya terdiri dari tatakan pelor atas bawah, pelor atau bola besi untuk memperlancar gerakan setang dan penutup karet rumah komstirnya.

Periksa satu per satu bagian mana yang rusak. Bisa jadi pelornya yang sudah rusak atau rumahnya yang sedikit bengkok di bagian bibirnya. Namun, bukan hanya komstir atas yang harus diganti, bagian bawah pun bisa kena imbasnya akibat dari perubahan dudukan atas. Soal pengerjaan, langsung saja serahkan semuanya ke yang ahlinya. Lumayan ribet soalnya bro!

Di balik apa yang sudah kita bahas tadi, ada persamaan suku cadang komstir dari ketiga label motor Jepang (Yamaha, Honda dan Suzuki) yang beredar di jalan. Tapi hanya khusus satu merek saja yah yang sama, tidak bisa dipakai oleh pabrikan yang berbeda.

Kalau omongin di luar motor laki atau sport, antara motor bebek (underbone) dan skutik, ternyata bisa saling pakai. Contoh, motor Yamaha, bisa saling tukar antara Mio, Jupiter Z, Nouvo, MX 135 dan Vega R.

Sedangkan Honda dapat digunakan pada motor bebek dan matik, seperti Honda Supra, Kharisma, Grand, BeAt, Vario, Scoopy, Spacy. Kecuali PCX 150. Hanya Suzuki yang sedikit berbeda, bebek Suzuki Shogun, Arashi klop dengan Spin, Skywave dan Hayate, kecuali Skydrive dan FU 150. Kalau yang terakhir enggak ada temennya.

Daftar Harga Komstir:
Yamaha : Rp 155 ribu/set
Honda: Rp 135 ribu/set
Suzuki: Rp 120 ribu (rumah Komstir saja)

Sumber: http://motor.otomotifnet.com

Paket Minyak Cinta 468x60

Masukan alamat email anda untuk mendapatkan update terbaru dari Barsaxx News :

Setelah klik "Subscribe", cek email anda lalu ikuti link untuk verifikasi

Delivered by FeedBurner


Jangan lupa, Like Barsaxx News di facebook untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini!

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar dan Masukan anda sangat kami hargai...

Mohon jangan sertakan link iklan dalam komentar anda! karena akan langsung terdeteksi spam...

Labels

 
Copyright © Barsaxx Speed Concept All Right Reserved
Blogger Designed by Sunardi | Barsaxx News