11.39
0
Barsaxx News : Rekondisi Yamaha RX King
Rekondisi Yamaha RX King

Yamaha RX-King, saat ini sedang jadi incaran penggemar motor lawas. Boleh jadi banyak yang bilang atau bahkan punya sebutan motor jambret. Biasanya yang diincar Yamaha RX-King yang keluaran 1993 dan 1994. Salah satu penyebabnya adalah ketangguhan di sektor mesin.

Kalau dihitung-hitung, umur motor yang jadi incaran itu 20 tahunan. Tentunya untung kalau bisa beli motor standar atau yang biasa disebut bahan, dari pengguna yang tahu bagaimana merawat RX-King. Tapi kudu siap-siap mengelus dada, biasanya yang terawat dibanderolnya dengan harga tinggi. Pasalnya untuk motor bahan yang enggak benar-benar terawat saja, nilai tebusnya bisa sampai Rp 10 juta.

Buat yang benar-benar bahan atau RX-King yang enggak terlalu terawat, tentu butuh penyegaran agar performanya kembali lagi. Bagian-bagian yang perlu direkondisi memang enggak terlalu banyak, namun ketersediaan part yang mulai jarang bikin prosesnya jadi agak lambat.

Bagian-bagian yang masuk dalam daftar rekondisi biasanya sebagai berikut :

  • Mesin

    Dengan umur pakai yang sudah mencapai 20 tahunan dan perawatan yang kurang istimewa, tentunya performa motor akan menurun. Untuk mengembalikan performa RX-King lawas, pastinya bagian mesin perlu direkondisi. Paling banyak perhatian saat merekondisi mesin adalah bagian yang urusannya dengan ruang bakar. Atau bila disebutkan satu per satu, terdiri dari silinder blok, silinder head, piston dan ring piston.

    Mesin Yamaha RX King

    Bagian silinder blok, dindingnya bisa baret karena perawatan dari pemiliknya yang kurang baik. Ruang bakar jadi bocor dan mengakibatkan performa motor menurun. Boring mesti di-oversize dari ukuran piston yang saat ini digunakan dan itu dilakukan bila memang baret di dindingnya terlihat dalam.

    Bagian silinder head, menunya membersihkan kerak sisa pembakaran yang menempel di permukaan. Kerak juga perlu disingkirkan dari permukaan kubah piston dan di dalam kubang ring piston. Kalau memang sisi kiri dan kanan piston terdapat baret, maka lebih baik ganti dengan part baru.

  • Kaki-kaki

    Urusan yang satu ini, enggak hanya sekitar ganti ban yang udah botak atau juga pelek yang udah peyang sana-sini. Bearing-bearing pelek juga perlu dapat perhatian. Juga termasuk as roda dan as swing arm yang perlu dicek kondisinya dan juga pelumasannya. Bagian seperti sok depan, hanya cek ulang oli dan sil karetnya saja. Sok belakang, pemilik cenderung menggunakan bawaan aslinya.

  • Bodi

    Kalau enggak ada bagian yang keropos, maka bagian bodi disarankan untuk melakukan pengecatan ulang. Agar kelihatan lebih rapi dan terhindar dari kerusakan akibat karat yang menempel. Butuh waktu kurang lebih 3 hari untuk pengecatan ulang seluruh bodi dan rangka, dengan biaya yang kisarannya Rp 2-3 juta.

  • Kelistrikan

    Tampilan boleh jadi standar, namun kabel bodi biasanya ada yang meminta untuk dirapikan. Caranya dengan memensiunkan kabel bodi standar dan diganti dengan yang modifikasi. Selain kabel bodi, enggak ada yang mengkhawatirkan pada kelistrikan RX-King dan itu termasuk pada bagian CDI.

Sumber Referensi : http://motor.otomotifnet.com/read/2014/11/03/353884/207/27/Rekondisi-Yamaha-RX-King-Kudu-Sabar-Karena-Part-Sudah-Jarang

Paket Minyak Cinta 468x60

Masukan alamat email anda untuk mendapatkan update terbaru dari Barsaxx News :

Setelah klik "Subscribe", cek email anda lalu ikuti link untuk verifikasi

Delivered by FeedBurner


Jangan lupa, Like Barsaxx News di facebook untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini!

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar dan Masukan anda sangat kami hargai...

Mohon jangan sertakan link iklan dalam komentar anda! karena akan langsung terdeteksi spam...

Labels

 
Copyright © Barsaxx Speed Concept All Right Reserved
Blogger Designed by Sunardi | Barsaxx News