14.36
0
Barsaxx News : Pementasan Wayang Golek kini diberi Sentuhan Teknologi
Pementasan Wayang Golek kini diberi Sentuhan Teknologi

Kesenian wayang terus menghadapi perkembangan dunia modern. Kondisi itu membuat pementasan wayang kini dipadukan dengan teknologi modern. Hal tersebut seperti diungkapkan oleh Wawan Gunawan, selaku Dalang dari Wayang Ajen. Menurut Ki Dalang Wawan, wayang terus menyikapi perkembangan dengan inovasi-inovasi agar terus hidup di era modern.

Sampai saat ini terus melakukan upaya inovasi-inovasi dengan spirit kreatif dalam menyikapi perkembangan wayang golek Sunda. Tujuannya untuk menembus dimensi ruang dan waktu menuju peradaban dunia melalui spiritualitas Islam yang universal. Seni pertunjukan wayang ajen mengolah seni lokal yaitu, wayang golek Sunda dengan sentuhan teknologi. Menjadi seni lintas etnik dan menembus skala nasional, regional dan menjadikan wayang golek Sunda menuju bentangan wayang dunia.

Menurut Ki Dalang Wawan, hal tersebut terbukti dengan Wayang Ajen menjadi bagian penting berbagai kegiatan festival internasional setiap tahunnya di berbagai negara. Belum lama ini, kesenian Wayang Ajen Indonesia berpartisipasi di perhelatan internasional, yakni "The International Festival of Alexandria for Puppets 2014" pada 19-25 Oktober 2014 di Kairo, Mesir. Beberapa negara juga turut berpartisipasi di perhelatan yang sama. Diantaranya Teatro de Munecos Colombia, Finger and Thumb Show Inggris, Iraq, Jordania, Lebanon, Mesir, Saudi Arabia, Bajkamela Theater Serbia, Sudan dan Teatro Los Claveles Spanyol.

Untuk diketahui, Mesir merupakan negara ke-47 yang pernah Wayang Ajen sambangi untuk pementasan. Sementara Spanyol merupakan negara perdana yang didatangi Wayang Ajen pada tahun 2000. Beberapa negara yang pernah didatangi Wayang Ajen untuk pementasan di antaranya Italia, Belanda, Perancis, Brazil, India, Rusia, Ceko, Bulgaria dan Hungaria.

Sumber: http://lifestyle.okezone.com/read/2014/11/21/406/1068800/kini-pementasan-wayang-golek-dengan-sentuhan-teknologi

Jasa Pembuatan Wayang Golek => KLIK DI SINI !!!

Paket Minyak Cinta 468x60

Masukan alamat email anda untuk mendapatkan update terbaru dari Barsaxx News :

Setelah klik "Subscribe", cek email anda lalu ikuti link untuk verifikasi

Delivered by FeedBurner

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar dan Masukan anda sangat kami hargai...

Mohon jangan sertakan link iklan dalam komentar anda! karena akan langsung terdeteksi spam...

Labels

 
Copyright © Barsaxx Speed Concept All Right Reserved
Blogger Designed by Sunardi | Barsaxx News