07.48
0
Barsaxx News : Wayang Golek, Bukan Sembarang Boneka
Wayang Golek, Bukan Sembarang Boneka : wayang golek arjuna & srikandi
Wayang golek bukan sembarang boneka.. Wayang golek juga bukan hanya sekedar wayang... Wayang golek bukan hanya sekedar hiburan rakyat...

Hiburan rakyat Sunda yang banyak peminatnya, relatif terjangkau, dan ditonton semalam suntuk, pertunjukan apa itu? Ya, tepat sekali, wayang golek atau puppet show. Lakon cerita wayang golek dimainkan oleh seorang dalang melalui media boneka kayu dengan beragam rupa mimik wajah, lucu, seram, anggun, dan bijaksana.

Menarik tidaknya lakon cerita dalam pertunjukan wayang golek, tergantung pada kepiawaian sang dalang membawakannya. Selain itu, kolaborasi iringan musik gending dan lantunan suara sinden menjadi hal yang tak terpisahkan dari seni pertunjukkan wayang golek.

Seni tradisional Sunda yang terutama sangat populer di wilayah Tanah Pasundan, daerah penyebarannya terbentang luas dari Cirebon timur sampai wilayah Banten barat, bahkan di daerah Jawa Tengah yang berbatasan dengan Jawa Barat sering pula dipertunjukkan pergelaran wayang golek.

Wayang golek bukan hanya sekadar hiburan rakyat khususnya bagi masyarakat Tanah Pasundan, melainkan juga sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan religius dan material. Di tengah-tengah masyarakat kita, wayang golek juga dikenal sebagai media untuk ngaruat atau pembersihan diri dari hal-hal negatif atau jahat dan menghindari bahaya atau malapetaka serta memohon berkah. Meskipun begitu, bukan hanya wayang golek saja, tetapi juga seni pertunjukan wayang pada umumnya. Mereka yang diruat dinamakan sukerta.

Sementara itu, pertunjukan wayang golek sering digelar ketika ada pesta pernikahan, hajatan, sunatan, perayaan hari besar, malam penggalangan dana, atau penyambutan tamu agung di Tanah Sunda. Seni wayang golek bisa dikatakan sebagai seni yang diminati masyarakat dari kalangan apa saja. Masyarakat menengah ke bawah biasa mengadakan seni pertunjukan wayang golek di gedung kesenian atau tanah lapang milik warga.

Bukan sembarang boneka, beda halnya dengan boneka-boneka popular yang diangkat dari film kartun seperti doraemon, marsha and the bear, frozen, dan lain-lain. Boneka Wayang golek ini juga tidak terbuat dari kain yang berisikan busa atau kapuk, melainkan terbuat dari kayu dan tongkat kecil untuk menggerakan tangannya. Kostumnya pun unik, mengenakan pakaian khas adat sunda juga mahkota di kepalanya.

Namun wayang golek kini tidak hanya untuk pagelaran dan acara adat saja, tapi sudah banyak yang diperjualbelikan di daerah tertentu seperti kawasan wisata, kawasan pementasan wayang, dll. Sehingga masyarakat bisa memilikinya untuk berbagai macam hal. Bisa sebagai pajangan rumah, bisa juga untuk mainan anak-anak hingga yang dewasa pun juga tetap cocok untuk memainkan wayang tersebut.

Ada baiknya untuk anak-anak sudah mengenal ciri budaya nya sendiri dengan memiliki wayang golek tersebut salah satunya, mereka selain bisa mengenal wayang golek juga bisa berimajinasi saat memainkan boneka wayang. Bisa Memerankan berbagai karakter dari tokoh baik hingga jahat.

Baik pula untuk menyeimbangkan kerja otak kiri dan kanan manusia. Otak kiri merupakan otak akademis yang berisikan logika, analisis, bahasa dan matematis, Sementara otak kanan adalah otak kreatif karena dipenuhi imajinasi, emosi, intuisi, dan spiritual.

Karena rata-rata otak manusia kesehariannya lebih sering menggunakan otak kiri untuk menjalani aktivitasnya, sehingga bagian kekreatifan dan berimajinasi nya kurang. Maka dari itu keuntungan kita sebagai masyarakat bila mengenal kebudayaannya masing-masing selain menyeimbangkan kerja otak,juga bagian dari kebaktian terhadap budaya nya sendiri.

Sumber: http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=12&jd=Wayang+Golek%2C+Bukan+Sembarang+Boneka&dn=20141123234847

Jasa Pembuatan Wayang Golek => KLIK DI SINI !!!

Paket Minyak Cinta 468x60

Masukan alamat email anda untuk mendapatkan update terbaru dari Barsaxx News :

Setelah klik "Subscribe", cek email anda lalu ikuti link untuk verifikasi

Delivered by FeedBurner

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar dan Masukan anda sangat kami hargai...

Mohon jangan sertakan link iklan dalam komentar anda! karena akan langsung terdeteksi spam...

Labels

 
Copyright © Barsaxx Speed Concept All Right Reserved
Blogger Designed by Sunardi | Barsaxx News