06.27
0
Barsaxx News : Dadan Sunandar & Yogaswara Sunandar saat Dikunjungi MetroTV
Dadan Sunandar & Yogaswara Sunandar saat Dikunjungi MetroTV

Kota Bandung terkenal memiliki beragam destinasi wisata bagi para penikmat perjalanan. Ibu Kota Jawa Barat ini beriklim sejuk dengan topografi kawasan yang dikelilingi pegunungan, sehingga panorama alamnya begitu indah. Namun, Bandung juga memiliki destinasi wisata yang edukatif dan inspiratif. Salah satunya adalah Pesantren Budaya Giri Harja di Kelurahan Jelekong, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Menurut Dadan Sunandar Sunarya, pesantren yang juga dikenal dengan nama Padepokan Giri Harja tersebut merupakan inisiatif ayahnya, Asep Sunandar Sunarya, guna memajukan kebudayaan asli tanah Pasundan. Terutama kesenian wayang golek.

"Padepokan sengaja dibangun untuk regenerasi dalang-dalang wayang di masa depan," kata anak kedua maestro dalang wayang golek Indonesia itu kepada Yovie Widianto saat taping program IDEnesia di metroTV.

Di dalam bangunan padepokan, terdapat sebuah panggung layaknya tempat pertunjukan. Selain itu, juga terdapat beberapa ruangan. Sedangkan di sisi padepokan, ada kolam ikan dan saung kecil. Sehingga ciri khas kesundaan semakin kental.

Dadan merupakan satu dari dua anak Asep Sunandar Sunarya yang mengikuti jejak ayahnya sebagai dalang. Kemampuannya sebagai dalang, diakui merupakan tradisi turun-temurun keluarga. "Namun setiap orang memiliki ciri khas sendiri dalam memainkan wayang. Saya sendiri lebih memainkan wayang dengan atraktif dan dinamis, yang disesuaikan dengan perkembangan jaman. Baik dari segi cerita maupun gerakan," ujar Dadan. Setiap dalang selalu memiliki tokoh jagoan, "Kebetulan kalau saya itu terkenalnya cepot," katanya menambahkan.

Dadan berharap, dari padepokan ayahnya tersebut, akan lahir Asep-Asep baru yang dapat melestarikan kebudayaan Sunda, khususnya seni pewayangan. "Kita harus kreatif dan bisa menyesuaikan jaman. Tapi jangan terlepas dari logika, etika dan estetika," ucapnya mengakhiri dialog bersama Yovie.

Sumber: http://rona.metrotvnews.com/read/2014/12/10/330098/kreasi-kreatif-dari-bumi-parahyangan

Jasa Pembuatan Wayang Golek => KLIK DI SINI !!!

Paket Minyak Cinta 468x60

Masukan alamat email anda untuk mendapatkan update terbaru dari Barsaxx News :

Setelah klik "Subscribe", cek email anda lalu ikuti link untuk verifikasi

Delivered by FeedBurner


Jangan lupa, Like Barsaxx News di facebook untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini!

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar dan Masukan anda sangat kami hargai...

Mohon jangan sertakan link iklan dalam komentar anda! karena akan langsung terdeteksi spam...

Labels

 
Copyright © Barsaxx Speed Concept All Right Reserved
Blogger Designed by Sunardi | Barsaxx News