Masih banyak pengguna motor yang salah kaprah dan asal-asalan saat memilih lampu HID pada tunggangannya. Dampaknya alih-alih terang, tapi justru membahayakan di musim hujan. Kebanyakan bikers tahunya Kelvin makin besar, maka lampu lebih terang. Padahal hanya berbeda soal warna saja. Misalnya, lampu 4300 Kelvin berwarna kekuningan, sedangkan 6000 Kelvin bercahaya putih dan 8000 Kelvin biru kristal.
Satuan Kelvin hanya menentukan temperatur warna. Sedangkan satuan terang itu adalah Lumen. satuan Kelvin itu tak berpengaruh dengan Lumen (Lm). Sehingga anggapan angka Kelvin tinggi yang sebanding dengan terangnya salah. Sebagai contoh, rata-rata Lm HID diatas 2200Lm. Sementara lampu halogen hanya menghasilkan 1500Lm.
Bahaya aplikasi HID dengan angka Kelvin besar justru tak tembus saat hujan. Lebih aman pakai 4300 Kelvin. sinar dengan satuan diatas 4500 Kelvin tak mampu menembus hujan. Namun semakin rendah Kelvinnya, pancaran akan mirip dengan sinar matahari. Dan angka 3000 Kelvin itu sebagai standar HID terendah.
Sumber: http://motor.otomotifnet.com
0 komentar:
Posting Komentar
Komentar dan Masukan anda sangat kami hargai...
Mohon jangan sertakan link iklan dalam komentar anda! karena akan langsung terdeteksi spam...